Senin, 18 Februari 2013

Intisari Buku : Mega Skandal Korupsi di Indonesia

Korupsi adalah satu topik yang tiada henti dibicarakan. Meski berbagai upaya sudah dilakukan untuk memberantas tindak haram tersebut, akan tetapi korupsi masih saja terjadi. Kian meningkatnya jumlah kasus yang ditangani aparat penegak hukum menjadi bukti betapa penyakit korupsi sudah sangat parah. Nyata, korupsi sudah menggerogoti semua sendi bangsa ini.

Korupsi adalah satu kejahatan yang luar biasa dan merusak sendi-sendi bernegara. Bicara soal korupsi juga akan menyangkut bagaimana para elit di negeri ini berkolaborasi dalam mendesain bangunan sistem yang menunjang pemberantasan korupsi itu sendiri.

Hal ini mendorong Pusat Kajian Anti (PuKAT) Korupsi FH UGM untuk melakukan ikhtiar dalam meningkatkan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Salah satu bentuk usaha yang dilakukan adalah dengan melakukan kajian atas kasus-kasus yang dianggap kontroversi dan menyita perhatian publik. Salah satu wadah yang digunakan dalam mengkritisi isu-isu aktual tersebut adalah dalam bentuk Forum Expert Meeting (FEM). Di forum itulah, sejumlah tokoh antikorupsi dan akademisi dengan background keilmuan yang beragam disatukan guna mengkaji suatu permasalahan secara ilmiah, komprehensif, dan rekomendatif.

Buku ini merupakan wadah untuk menyebarluaskan hasil kajian ilmiah FEM ke publik. Ada tiga topik yang dibahas dalam buku ini. Pertama, pendapat hukum FEM mengenai permohonan judicial review UU No. 30 Tahun 2002 tentang Komisi pemberantasan Tindak Pidanan Korupsi (KPK). Kedua, eksaminasi putusan Mahkamah Konstitusi No. 005/PUU/2006: Pengujian UU No. 22 tahun 2004 tentang Komisi Yudisial dan UU No. 4 tahun 2004 tentang Kekuasaan kehakiman. Ketiga pendapat hukum FEM terkait kasus korupsi Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) dan impeachment Presiden.

Judul         : Mega Skandal Korupsi di Indonesia  
Editor        : Danang Kurniadi, dkk
Penerbit    : Pukat Korupsi, Yogyakarta
Kolasi        : x, 167 hlm. ; 21 cm.

Buku ini bisa dibaca di Perpustakaan KPK.

Source : http://acch.kpk.go.id/mega-skandal-korupsi-di-indonesia

0 komentar:

Posting Komentar