Senin, 18 Februari 2013

Intisari Buku : Korupsi Mengorupsi Indonesia

Buku ini merupakan akumulasi pengetahuan dan pengalaman 30-an pakar dari berbagai bidang yang berasal dari berbagai negara, bahkan jumlah referensi yang dipergunakan mencapai lebih dari 1000 halaman ini mengindikasikan tidak saja komitmen kuat dari para penulis tetapi juga luasnya perspektif dan dalamnya analisa yang coba diungkap lewat buku ini.

Bagian awal buku ini mendiskusikan pemahaman dasar tentang korupsi termasuk perkembangan teori dan implementasinya di mana informasi tersebut akan banyak membantu terutama bagi pembaca pemula. Bagi kalangan akademisi dan para peneliti bagian ini penyegaran yang cukup membantu. Indikator tingkat korupsi juga diulas secara mendalam untuk membantu pembaca dalam mengitrepertasikan puluhan indikator dan index tingkat korupsi yang ada, di samping mengulas berbagai kelemahan dan kelebihan masing-masing indikator. Nah, pada bagian ini membantu menyamakan persepsi para pembaca sehingga lebih mudah untuk memahami isi buku secara keseluruhan.

 Pembahasan dilanjutkan dengan ulasan dari perspektif ekonomi di mana di dalamnya melekat juga aspek bisnis dan lingkungan hidup. Biaya korupsi, dampak lingkungan akibat korupsi, korupsi korporasi, pencegahan korupsi pada kondisi krisis dan penerapan Good Corporate Governance (GCG) merupakan isu yang dibahas dalam bagian ini.

 Bagian tiga dari buku ini menyoroti perspektif sejarah, politik dan adminitrasi negara termasuk di dalamnya adalah ulasan mengenai akar historis korupsi di Indonesia, demokarasi dan korupsi politik, political financing di era reformasi, korupsi di yayasan pemerintah dan reformasi birokrasi.  Dalam bagian empat diulas lemahnya integritas sistem peradilan kita, perspektif hukum upaya pemberantasan korupsi dan dasar-dasar  strategi pemberantasan korupsi di Indonesia. Di bagian ini juga didiskusikan secara mendalam tentang KPK dan permasalahannya yang melingkupinya serta kajian tentang pentingnya mekanisme whistleblower dalam mengungkap korupsi.

 Bagian kelima mengulas peran civil society di Indonesia dalam perang melawan korupsi. civil society mempunyai peran strategis yang tidak dapat dimainkan oleh aktor negara maupun aktor swasta. Sedangkan pada bagian enam ini menjabarkan proses terjadinya pergeseran pandangan global terhadap korupsi, kesulitan dan strategi alternatif dalam menegakkan integritas di daerah pasca konflik serta strategi perbandingan dan implementasi upaya pemberantasan korupsi di berbagai negara.

 Bagian terakhir adalah kaleidoskop korupsi di Indonesia dari masa VOC hingga masa reformasi. Penulisan yang disusun berdasarkan waktu dan dilengkapi dengan penjelasan singkat akan membantu kita memahami pasang surut korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Selain itu, pada bagian ini juga akan menggambarkan betapa upaya pemberantasan korupsi selalu diagendakan oleh pemerintaah, tettapi berbagai faktor termasuk diantaranya lemahnya komitmen pemerintah, pendekatan yang tidak tepat, konflik kepentingan dan lemahnya peraturan mengakibatkan berbagai upaya tersebut tidak memberikan hasil yang menggembirakan.

Judul        : Korupsi Mengorupsi di Indonesia
Penulis     : Wijayanto& Ridwan Zachrie (Editor)
Penerbit     : Gramedia
Kolasi         : xix, 1131 hlm. ; 23 cm


Buku ini bisa dibaca di Perpustakaan KPK.

Source : http://acch.kpk.go.id/korupsi-mengorupsi-indonesia

0 komentar:

Posting Komentar