Rabu, 27 Februari 2013

ICAC : inilah "KPK" nya Hongkong

ICAC, dengan nama panjang Independent Commission Againtst Corruption (廉政公署), merupakan badan anti korupsi yang paling berhasil dan kuat di dunia, didirikan pada tanggal 15 February 1974 oleh gubernur Hong Kong pada waktu itu, Sir Crawford Murray MacLehose.
Hong Kong pada waktu 1960s mulai memasuki tahap perkembangan ekonomi dengan sangat pesat, tetapi kerja upah para pegawai pemerintah pada waktu itu masih rendah, jadi tidak heran terjadi banyak kasus-kasus korupsi dari pejabat pemerintah, polisi, pemadam kebakaran, sampai pekerja kebersihan di rumah sakit pun korupsi, kalau tidak beri uang, tidak ada selimut dan air minum, dan semakin hari semakin parah keadaannya. Pihak kepolisian pernah mendirikan departemen anti korupsi untuk mencegah korupsi dalam kepolisian dan sektor pemerintah lainnya, tapi tidak berhasil karena latar belakang orang-orang yang korupsi sangat kuat.
Karena kekorupsian di Hong Kong yang sangat parah waktu itu, pemerintah Inggris merasa prihatin dan memutusi mendirikan departemen khusus untuk memberantasi korupsi yaitu ICAC. Badan ICAC ini langsung dibahwa kekuasaan gubernur Hong Kong dan hanya memberi laporan kepada gubernur Hong Kong pada waktu itu, bisa bilang badan ICAC ini menerima kuasan langsung dari pihak pemerintah Inggris. Setelah keberhasilan ICAC di Hong Kong ini, negara-negara mulai mencontohi Hong Kong untuk mendirikan departemen pemerintah yang sama untuk pemberantasan korupsi.
Pada waktu itu salah satu kepala polisi tinggi bernama Peter Fitzroy Godber ditemukan memiliki harta kira-kira sebanyak 600,000 US dollar dan disimpan di bank luar negeri sebelum dia pensiun pada tahun 1973, dan waktu tahap penyelidikan, dia mengatur jalan untuk istrinya meninggalkan Hong Kong terdahulu, dan dia sendiri dengan berhasilnya melewati pihak imigrasi dan polisi didalam airport dan naik pesawat kembali ke London. Pada tahun 1975, ICAC berhasil memulangkan dia dari Inggris ke Hong Kong dan dipenjara selama empat tahun lamanya, dalam kasus ini pemerintah Hong Kong mengundang salah satu pengacara paling terkenal di Inggris dan semua ini cukup menyatakan penegaskan pemerintah Hong Kong untuk memberantas korupsi.
Setelah kasus penangkapan Peter Fitzroy Godber ini, para polisi di Hong Kong sangat cemas, karena hampir tidak ada polisi yang tidak melakukan korupsi pada waktu-waktu itu, maka setelah itu terjadi tragedi penyerangan polisi kepada kantor pusat ICAC di daerah Central, dan polisi mengancam untuk berhenti menjaga keamanan. Pemerintah Hong Kong pada waktu itu sangat cemas karena jika tidak ada polisi menjaga keamanan, Hong Kong akan menjadi kacau dan akhirnya gubernur memutusi polisi yang melakukan korupsi kecil sebelum tahun 1977 akan bebas dari hukum, akhirnya polisi kembali kepada posisi kerja.
Setelah tahun 1997 kembalinya Hong Kong menjadi salah satu bagian dari China, ICAC tetap memberikan peran yang sangat penting dan Hong Kong tetap menjadi salah satu tempat di dunia ini yang paling dikit korupsi. Karena adanya ICAC ini, Hong Kong sekarang bisa menjadi salah satu kota yang paling maju dan berkembang didunia ini.

Sumber: FotoCatch Photography // www.socam.com

0 komentar:

Posting Komentar